Pertemuan Ke Lima



PRINSIP-PRINSIP PIKIRAN
1.       Peta bukanlah wilayah sesungguhnya.

Terkadang, apa yang kita lihat, kita dengar, dan kita rasakan secara langsung maupun tak langsung. Itu bukanlah hal yang sesungguhnya terjadi. Kita musti melihat kejadian tak hanya dari satu sisi.
Misalnya nih! Di tempat kerja kita, nampak kawan satu team kita yang lagi nyuanteee..banget! ( hiperbola ^^ ) bercanda sana-sini, jalan-jalan, ngeteh..de el el. Sedangkan kita sedang sibuk ngerjain tugas. Secara kasarnya, ini nampak kawan satu team yg tak baik. Tapi ternyata..selidik-selidik, kawan ini ternyata baru ngerjain laporan team kita yg bermasalah. Ia ngerjainnya sendiri. Dan karna ia udah kelar, pikiran semrawut alias kusut...makanya ia refreshing. Ia bercanda sana-sini, jalan-jalan, ngeteh..de el el. Padahal, baiknya kita tak boleh berprasangka buruk. Harusnya , awalnya kita tanyain, “kenapa ia berperilaku gitu”
2.       Pengalaman memiliki struktur.

Misalnya nih : kawan kita ko’ seharian ini manyuuunnn...bae...( jangan ditiru ye, ini tak baik ). Ia kan baru dapat kado sepatu bagus. Why???
Selidik-selidik, ternyata ia pernah nrima kado kaya gitu darikawan semas  SMA dulu ( dulu? Ya iyalah..lha sekarang udah umur 22 tahun...hehehee). Nah, pas dipake, kakinya jadi bengkak dan gatal-gatal. Setelah kejadian itu, ia tak lagi mau pakai sepatu jenis kaya gitu.
               
3.       jika seseorang bisa melakukan sesuatu, orang lain bisa belajar untuk melakukannya.

Ippho Santosa (motivator dan penulis buku) bisa merubah dirinya yang tadinya biasa-biasa aja menjadi luar biasa. Maka, saya yakin, saya juga bisa BELAJAR dari yang tadinya biasa-biasa aja menjadi luar biasa ^^
 
4.       Otak dan tubuh adalah satu sistem.

Apa yang Anda rasakan, apa yang Anda bayangkan, akan mempengaruhi kondisi tubuh Anda. Begitu pula sebaliknya.

5.       Kita sebenarnya telah memiliki segala sumber daya yang kita butuhkan.

Betul! Allah SWT telah menciptakan kita dengan rupa, kondisi,dan fasilitas  yang terbaik. Yang musti dilakukan adalah dengan bersyukur. Pergunakan dengan seefisien dan seefektif mungkin. Tak rakus. Dan rawat serta berbagilah ^^
6.       Kita tidak bisa TIDAK  berkomunikasi.

Hayoo.....bener  kannn?? ^^

7.       Makna dari komunikasi yang kita lakukan terletak pada respon yang kita dapat.

Ketika berkomunikasi, fokuskan pada bagaimana responsi penerima komunikasi. Sesuaikan gaya komunikasi Anda dengan sang penerima komunikasi.

8.       Setiap tindakan yang kita lakukan, pada dasarnya didasari oleh niat yang positif.

Ayuk! Kita ber positive thinking and feeling ^^ . Dan mari kita bedakan antara niat dan tindakan. Karna jelas itu beda.

9.       Orang selalu membuat sebuah keputusan yang terbaik menurut apa yang diketahui.

Nah! Lho!? ^^

10.   Jika yang kita lakukan belum berhasil, lakukan dengan cara lain.

Ingat! Yang dirubah adalah caranya. Bukan tujuannya. Ayuk! Semangat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makna jatuh..

Ganbatte Kudasai